Thursday, July 25, 2013

Pesantren Nasima 2013

Aku udah jadi anak SMA (!!!!). Tepatnya sekarang aku sekolah di SMA Nasima.
Baru kemarin, aku pulang dari pesantren Nasima untuk santriwati (murid perempuan) selama seminggu, tanpa orangtua, gadget dan kudet. Soalnya di pesantren Nasima gaboleh makan Pop Mie. #duaarrr.
Selama seminggu, kita full kegiatan agamis seperti sholat dhuha, sholat tahajud, mengaji sampai kajian-kajian agama yang lain. Tapi, ga cuma kegiatan agama aja. Ada juga pentas seni dan KBM biasa.
 

Waktu itu pesantren untuk santriwati di mulai pada hari Kamis, 18 Juli 2013 sampai Rabu, 24 Juli 2013.
Barang-barang bawaan ku lumayan banyak. Ada bed cover, selimut, tas ransel dan koper yang isinya alat tulis, alat mandi, baju dan rok. Oya, selama pesantren dilaksanakan santriwati gaboleh pake celana jadi harus pake rok atau sarung.


  • July, 18th 2013


taken by: mas razaq, photographer sekolah.
cc: itu kantong plastik indomaret isinya snack, dan itu di pilih. gaboleh ada junk food (re: ciki)

Setelah itu, koper dan tas dibawa ke ruang inap masing-masing anak. Kebetulan aku dapet ruang inap 2, ruang Azar di kelas X-2. Setelah itu, pembukaan pesantren Nasima untuk santriwati officially di buka sehabis sholat asar. Waktu naik-naikin koper nya, aku di bantu sama temenku namanya Fira. hhe.
Sehabis itu, sholat asar lalu ngabuburit di tenda ta'aruf. Ada kajian-kajian islami untuk perempuan.

Menunggu buka puasa
Setelah itu, akhirnya buka puasa jugaaaa. Aku lupa takjil hari pertama apa. Setelah makan takjil, kita sholat maghrib dan makan makanan beratnya. Dan aku juga lupa apa menu buka puasa di hari pertama ^^" makan selesai, lalu ada waktu setengah jam untuk ngelakuin yang lain lalu siap-siap sholat isya' dan tarawih 23 rakaat. Woof! 23 rakaat, cukup capek. Soalnya kalo di rumah cuma 11 rakaat.


Sehabis sholat, ada kajian fiqih tentang wanita dan hukum-hukum yang berlaku di islam untuk wanita lalu tidur.



  • July, 19th 2013

Bangun tahajud - makan sahur (lupa lauknya apa) - sholat subuh - tidur lagi


*3 jam kemudian*


X-2, lagi di lab fisika


 Jadi, dari jam 7:30 kita sholat dhuha seperti biasa. Para santriwan (siswa laki-laki) juga masuk sekolah seperti biasa. Santriwati belajar sampai jam 9:30 lalu belajar fiqih terapan dan life skill. Life skill semacam ekstra kurikuler, bekal untuk minat bakat kita di suatu bidang. Kebetulan aku ikut jurnalistik, dan itu sama sekali ga di potret sama mas razaq -_- Dilanjutin lagi ke sholat dzhuhur, lalu santriwan pulang dan santriwati mulai melakukan aktifitas biasa yaitu BTA lalu boleh istirahat sampai jam 3 sore.

Jeng..jeng!! Beduk yang di nanti-nanti pun tiba!!

ini takjil nya donat sama ager-ager
Sehabis maghrib, makan berat, sholat isya' dan sholat tarawih, kajian hari ini adalah sosialisasi tentang Al Qur'an elektronik dan ada dokumentasi tentang "Ibu", selanjutnya pergi ke mimpi masing-masing a.k.a tidurrr.

  • July, 20th 2013

Bangun dari Qiyamul Lail jam 2:30, langsung sahur.




Hari ketiga, akhirnya nemu foto waktu lagi sahur. Lagi jelek-jelek nya wajah. Nge-blur lagi fotonya -_- gapapa deh buat dokumentasi. Hari ketiga kalo ga salah menu sahur nya daging, enaaakkk banget.

Waktu menjelang buka puasa, kita kedatangan bintang tamu dari SLB. Walaupun mereka punya banyak kekurangan, tapi mereka pintar! Pernah masuk tv lagi. Waktu di ceritain, aku nangis tapi untungnya ga di potret wkwk. Jadi, kita harus bersyukur dan ngegunain tubuh kita untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

ada yang buta, keterbelakangan mental dan autis
Setelah anak-anak dari SLB tampil, akhirnya berbuka puasa dan untuk ketiga kalinya aku lupa menu makan nya :D

disitu duduk ku keliatan banget anti-mainstream
Setelah buka puasa lalu maghrib dan di lanjutkan dengan makan berat, sholat isya', sholat tarawih dan kajian. Nah kajian hari ini dari kakak-kakak UNES. Mereka memotivasi kita, yang aku petik sih "jangan lari dari masalah".




  • July, 21th 2013

Hari keempat ini waktu pagi jam 6an, kedengeran ada suara yang ga asing. Lagunya JKT48, ternyata anak kelas 7 dan 9 lagi senam pagi. Setelah KBM, ada fiqih terapan tentang jenazah. 


Setelah kajian, BTA langsung jam istirahat. Ternyata mas Razaq lagi jalan-jalan ke lantai 2 tepatnya tempat ruang inap. Ketemu, terus minta di fotoin deh. Haha.



Malamnya, ada kajian tentang kewanitaan tentang Haid dan tentang kewanitaan yang sesuai dengan hukum islam. Waktu itu duduk sebelahnya Ica, malah ketawa-ketawa.


  • July, 22th 2013
Hari kelima itu... Gaada fotonya aku dan aku cuma inget itu juga kalo-ga-salah praktek wudhu :-p



Kasih jadwal nya ajaya wkwk :-p


  • July, 23th 2013

Hari ini keenam banyak foto! Tapi.... Waktu lagi buka puasa. Oya, hari itu juga latian musikalisasi puisi tapi tiba-tiba listrik nya anjlok tapi alhamdulillah nya hidup lagi.



Setelah sholat maghrib, buka puasa, isya' dan tarawih... Kita ada musikalisasi puisi yang bertemakan "Nabi Ibrahim AS" dan lucu nya, ruangan ku bikin musikalisasi tentang nabi Ibrahim tapi lebih menonjol ke "Ibu" tapi alhamdulillah nya dapet juara 3 \=D/

Ibrahim sayang Ibu =))

Dan takjil malam nya enaaaakkk banget. Siomay, makan 2kali deh akunya wkwkwk =)) setelah acara selesai, aku belum tidur! Malah main internet sama Vanessa :-p

  • July, 24th 2013

Dan ini hari terakhir pesantren. Sehabis KBM langsung packing dan acara penutupan. Ternyata aku bawa camera pocket! HAHAHA. Tapi aku sembunyiin soalnya gabole bawa camera :-p kekekekek.




Dan akhirnya pulang kerumah masing-masing!! Nyesel banget ga nulis di buku biar bisa lebih jelas nerangin disini.... Tapi pengalaman ini berkesan banget, jadi tau cara wudhu yang bener, tentang sholat, puasa, tajwid bacaan Al Qur'an dan lain-lain tentang hukum Islam. Biar bisa jadi muslimah yang benar :-D





No comments:

Post a Comment